Bali Tuan Rumah Konferensi Ketenagakerjaan Asia Pasifik

Jakarta — ASIA Pacific Regional Meeting (APRM), International Labour Oganization (ILO), sedianya akan diselenggrakan di Bali, pada 6-9 Desember 2016, mendatang. Hal ini disampaikan oleh Direktur Regional ILO Asia Pacific Group (ASPAG), Tomoko Nishimoto.

Nishimoto secara langsung telah meminta kepada Menteri Ketenagakerjaan untuk bersedia menjadi ketua panitia penyelenggaraan APRM. Dan juga memina kepada Presiden Jokowi untuk bersedia menjadi pembicara kunci sekaligus membuka acara APRM.

“Kami mengharapkan Menteri Ketenagakerjan Bapak Hanif Dhakiri menjadi ketua penyelenggara pertemuan,” kata Nishimoto melalui pernyataan tertulis yang diwartakan oleh Investor Daily, Sabtu (11/6).

Salah satu agenda APRM adalah pembahasan mengenai perekrutan yang aman dan transparan pada sistem migrasi. Serta peningkatan keterampilan para pekerja, untuk mendapatkan masa depan lebih baik.

Sedianya ILO ASPAC juga akan menghadirkan para panelis dari berbagai negara, seperti dari Abu Dhabi Dialoque, Colombo Process, dan Global Forum on Migration Development (GFMD). “Kami juga mengharapkan keterlibatan panelis dari kalangan perempuan dalam pertemuan di Bali,” ujar Nishimoto.

Akhir dari forum tersebut, ditargetkan akan menghasilkan “Bali Declaration”, yang bersifat tidak mengikat (non binding) di antara peserta APRM. Adapun draf Deklarasi Bali akan dibahas dalam pertemuan ILO Governing Body meeting, pada bulan November 2016 di Jenewa. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]