Hanif Dhakiri Hadiri Sidang Konferensi Ketenagakerjaan Internasional

Jakarta – Sebanyak 187 perwakilan dari negara-negara anggota Konferensi Ketenagakerjaan Internasional (ILC) hadir di Jenewa, Swiss. Kegiatan yang diadakan pada 30 Mei hingga10 Juni 2016 , dengan tema “Membangun Masa Depan dengan Kerja Layak (Building a Future with Decent Work), juga melibatkan lebih dari 5.000 delegasi dari seluruh dunia.

Turut hadir juga sejumlah delegasi dari Indonesia yang dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri. Konferensi Ketenagakerjaan Internasional (ILC) tersebut bertujuan menetapkan kebijakan internasional mengenai ketenagakerjaan, yang digelar setiap tahun dengan melibatkan unsur tripartit (unsur pemerintah, unsur asosiasi pengusaha, dan unsur serikat pekerja/serikat buruh ).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menghadiri puncak ILC dijadwalkan menyampaikan pidato resmi pada Rabu (8/6) di hadapan semua pimpinan delegasi negara-negara anggota ILO, termasuk President ILC 2016 Mildred Oliphant dan Direktur Jenderal ILO Guy Ryder.

Seperti diwartakan oleh Antara News, sesaat sebelum berangkat ke Swiss, Hanif mengatakan delegasi Indonesia berkomitmen melaksanakan tugas secara optimal dengan mengikuti persidangan secara seksama, dan dapat memberikan usulan dan masukan yang konstruktif untuk kepentingan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia khususnya, dan internasional pada umumnya.

Acara ILC ke-105 pada 30 Mei 2016 dibuka oleh Direktur Jenderal ILO Guy Ryder dengan menyampaikan laporannya yang berjudul “Prakarsa untuk akhiri Kemiskinan: Agenda ILO 2030.

“Golongan sangat kaya menciptakan kapasitas untuk semakin memperkaya dirinya, dan semakin memiskinkan yang miskin, sehingga keadilan sosial akan semakin jauh di angan-angan,” ujar Guy Ryder.

Ryder terus mendorong proses kerja yang mengevaluasi standar buruh dalam Komite Aplikasi Standar. “Sistem yang kuat, berwibawa dan memiliki standar yang relevan adalah prasyarat yang efektif dan berpengaruh dalam dunia kerja,” tuturnya. (ang)

 

 

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]