10 Tips Tetap Bugar Bekerja Saat Berpuasa

Bulan ramadhan telah tiba, dimana masyarakat muslim di seluruh dunia diharuskan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Hal tersebut tentu tidak mudah bagi para pekerja dengan kesibukannya yang membutuhkan banyak tenaga.

Di satu sisi, beribadah dan melaksanakan pekerjaan tidak dapat dipisahkan. Namun di sisi lain, berpuasa tanpa menjaga kesehatan dengan baik, justru akan menimbulkan akan mengganggu aktivitas bekerja.

Kali ini kabar buruh akan memberikan beberapa tips untuk para pekerja agar dapat tetap bugar selama menjalani puasa.

1. Konsumsi air putih yang banyak ketika sahur. Sebab selama seharian berpuasa tubuh akan kekurangan banyak cairan.

2. Pilihlah menu sahur yang mengandung banyak air, seperti sup atau lainnya, serta menu yang berprotein. Dan jangan lupa mengkonsumsi buah, untuk menjaga ketahanan tubuh selama berpuasa.

3. Hindari menu berbuka yang dimasak dengan digoreng, atau juga menu yang pedas. Hal ini akan menghindarkan kia dari gangguan pencernaan, yang pada akhirnya dapat menurunkan kekuatan tubuh kita.

4. Saat di tempat kerja, efektiflah dalam bekerja. Kerjakam sesuatu dengan perlahan. Jika dapat sejenak berhenti bekerja, lakukanlah. Jangan menumpuk pekerjaan yang akan membuat anda stres menghadapinya.

5. Maksimalkan waktu istirahat kerja dengan baik. Setalah sholat Dzuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidurlah selama 15 menit saja, hal itu sudah cukup untuk membangkitkan kesegaran tubuh anda.

6. Hindari aktivitaa yang tak penting saat bekerja, untuk dapat menghemat tenaga. Seperti berbincang yang lama dengan teman sekerja, atau bercanda.

7. Saat puasa bukan berarti tak berolahraga, namun tidak harus melakukan olahraga yang berat. Cukup dengan berjalan santai ketika berangkat atau pulang kerja.

8. Jika perjalanan pulang kerja menempuh waktu yang cukup lama, dan mungkin masih di perjalanan saat waktu berbuka tiba. Pastikan anda membawa bekal minuman dan makanan kecil di tas anda.

9. Seperti biasa, pastikan anda berbuka dengan yang manis. Karena akan dapat memulihkan kondisi tubuh anda dengan baik.

10. Usahakan dapat tidur lebih awal saat berpuasa. Karena selama berpuasa anda harus bangun lebih awal. Sehingga dengan tidur lebih awal, waktu iatirahat anda akan tak terganggu.

Demikian beberapa tips yang kami dijabarkan, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjalankan puasa dengan baik dan lancar.

Segenap tim redaksi Kabar Buruh mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi mereka yang menjalankan.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Anggi Ria Santi

Anggi Ria Santi

Reporter Kabar Buruh, saat ini masih aktif kuliah di IISIP Jakarta dan mengajar di sekolah informal bagi anak jalanan di Pasar Minggu.