Tak Pernah Mengalami Kecelakaan Kerja Selama 20 Tahun, Sampoerna Raih Rekor MURI

Penyerahan rekor MURI kepada direktur utama PT HM Sampoerna. Sumber foto: http://photo.sindonews.com/

 

Jakarta – Perusahaan rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna tbk (HMS), baru saja mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut terkait dengan pencapaian perusahaan, sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia, yang tidak pernah mengalami kecelakaan kerja selama 20 tahun (1996/2016) atau sekitar 757 juta jam.

Penghargaan ini merupakan prestasi, karena berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, jumlah kecelakaan kerja di Indonesia masih sangat tinggi. BPJS mencatat sebanyak 100.000 kasus kecelakaan kerja terjadi di setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 2.000 diantaranya adalah bentuk kasus kecelakaan kerja berat, hingga mengakibatkan meninggal dunia.

Kementerian Ketenagakerjaan RI juga tak ketinggalan memberikan penghargaan kepada PT HMS, karena berhasil melakukan rancangan kegiatan keselamatan dan kesehatan untuk 17.000 pekerja, di lima pabrik sigaret kretek tangan (SKT).

Heru Prayitno, Kepala Cabang Layanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karimunjaya Surabaya, menjelaskan bahwa sampai dengan Maret 2016, tak ada klaim kecelakaan kerja. “Tidak ada pekerja dari Sampoerna yang melakukan klaim kecelakaan kerja dalam priode Maret 2016,’’ ujar Prayitno.

Kepala SKT Markus Hosea menambahkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan merupakan salah satu prioritas perusahaan.Keselamatan kerja harus diwujudkan oleh semua lapisan, mulai dari staf hingga pimpinan perusahaan,’’ ujar Markus.

Penghargaan tersebut diberikan oleh MURI pada hari Kamis, 19 Mei 2016 lalu. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Direktur MURI Osmar Susilo, kepada Presiden Direktur PT HMS Paul Janelle. MURI yang didirikan pada tahun 1990, adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang menghimpun data dan memberikan anugerah terhadap berbagai prestasi karya anak bangsa. (jum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Moh Jumri

Moh Jumri

Reporter Kabar Buruh, saat ini juga aktif di Komunitas Kretek.