Gedung Buruh SPSI Kudus akan Digusur dan Digantikan Gedung Pertokoan Modern

Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dikabarkan akan melakukan pemugaran Gedung Buruh yang digunakan oleh Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), cabang Kabupaten Kudus. Gedung yang juga satu lokasi dengan pusat kuliner Taman Bojana, akan digusur untuk dijadikan gedung pertokoan modern.

Untuk itu, Pemkab Kudus memberikan tiga pilihan kepada Pengurus Cabang SPSI perihal pemugaran kantor sekretariat SPSI tersebut. Pertama SPSI mencari gedung milik Pemkab yang kosong atau menganggur, dan dipersilahkan mengajukan permohonan pinjam pakai. Kedua, bila memiliki lahan sendiri akan dibuatkan bangunan gedungnya. Dan ketiga, diminta tidak rebut-ribut dan kalau gaduh tidak akan mendapat apa-apa.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua PS SPSI Bidang Humas, Nur Khozin menyatakan keberatannya atas opsi yang ditawarkan oleh Pemkab Kudus. Bahkan ia menilai bahwa opsi tersebut cenderung bersifat ancaman. “Jaman sekarang kok main ancam. Sudah tidak perlu lagi Pemkab arogan,’’ ujarnya seperti diwartakan oleh Suaramerdeka.com.

Pihaknya menyatakan telah menyiapkan berbagai langkah yang dipandang perlu jika Pemkab tetap memaksakan untuk menggusur gedung buruh itu. Ia menilai bahwa PC SPSI juga memiliki hak untuk mengajukan kepemilikan hak pakai atas gedung yang luasnya 400 meter persegi tersebut.

“Berdasarkan PP No.27 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, kami yang telah berada di lokasi tersebut sejak 1960, berhak mengajukan permohonan untuk mendapat sertifikat hak pakai lahan bersangkutan,’’ tegasnya.

Rencana revitalisasi Taman Bojana sendiri telah mendapatkan persetujuan dari Ketua Komisi D DPRD Kudus, karena bangunannya dinilai sudah kurang layak pakai. Revitalisasi dikatakan melibatkan investro, sehingga pengelolaannya nanti dalam bentuk Hak Guna Bangunan, dengan masa berlaku 20 tahun. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]