Buruh Merk Dagang H&M di India dan Kamboja, Dipaksa Lembur dan Diupah Rendah

Kabar Dunia – Sebuah survei dan studi yang dilakukan oleh Asia Floor Wage Alliance (AFWA), menemukan bahwa para buruh yang menjahit pakaian untuk merk H&M di New Delhi, India dan Phnom Penh, Kamboja mengalami kondisi yang memprihatinkan.

Survei tersebut dilakukan kepada 50 orang buruh di India dari 5 pabrik, dan 201 orang buruh di Kamboja dari 12 pabrik, dari bulan Agustus hingga Oktober 2015. Ditemukan bahwa buruh mengalami masalah seperti upah yang rendah, kontrak kerja dalam jangka waktu yang tak bisa dinegosiasikan, dan dipaksa kerja lembur.

Untuk pemaksaan kerja lembur terjadi di semua pabrik, dimana para buruh di Kamboja wajib bekerja lembur setiap harinya minimal selama dua jam. Sementara itu, nasib buruh di India juga tak jauh berbeda. Setikdaknya mereka harus bekerja selama 9 hingga 17 jam per hari.

Dalam laporan stidinya, AFWA juga menemukan bahwa upah yang diterima oleh para buruh dari kerjanya dan dari kerja lemburnya, masih berada di bawah upah minimum. Sedangkan untuk sistem kerja kontrak, bahwa kontrak kerja dengan jangka waktu yang sudah ditentukan digunakan di 9 dari 12 pabrik di Kamboja dan semua pabrik di India.

Probelmatika lain yang muncul adalah diskriminasi yang dialami oleh para buruh perempuan saat melahirkan. Di Kamboja 11 dari 12 pabrik mengalami pemutusan hubungan kerja selama buruh mengandung. Sementara di India, buruh di 5 pabrik, buruh perempuannya dipecat saat mengandung.

“Para buruh permanen melaporkan dipaksa cuti atau meninggalkan pekerjaan tanpa bayaran selama periode kehamilan,” tulis studi AFWA seperti dikutip oleh Kompas.com.

Sementara itu, menurut Thérèse Sundberg dari departemen pers dan komunikasi H&M menyatakan laporan ini sangat penting. “Isu yang diangkat dalam laporan ini adalah masalah yang dialami semua industri. Sering sulit menanganinya sebagai perusahaan individu, dan kami sangat yakin kolaborasi adalah kunci,” jelas Sundberg. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]