Pagi Ini, Puluhan Elemen Masyarakat Aksi Peringati 18 Tahun Reformasi

Jakarta — Tidak kurang dari 37 elemen masyarakat sipil yang tergabung dalam Gema Demokrasi akan melakukan aksi untuk memperingati lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan besok, Sabtu (21/5/2016). Massa aksi dijadwalkan berkumpul sejak pukul 11.00 WIB di area Patung Kuda Indosat, Jakarta Pusat.

Gema Demokrasi menyatakan aksi tersebut sekaligus merupakan upaya untuk mencegah kembalinya militerisme. Pasalnya, tindakan-tindakan militeristik yang kembali marak diyakini bisa mengancam demokrasi.

“Demokrasi yang diharapkan muncul berpihak kepada rakyat tidak kunjung terjadi. Alih-alih, kebebasan berkumpul, berpendapat, berekspresi bahkan kebebasan akademik mulai satu-per-satu dihadang oleh kekuatan yang dihimpun oleh oligarki,” tulis Gema Demokrasi, dalam rilisnya.

Adapun, Gema Demokrasi menilai
cara-cara militeristik tersebut juga digunakan untuk menangani persoalan seperti di Papua Barat, kemudian untuk menghidupkan musuh-musuh palsu seperti komunisme dan gerakan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Melihat berbagai situasi tersebut, Gema Demokrasi mengajak semua kelompok masyarakat yang peduli untuk terlibat dalam aksi ini. “Saatnya rapatkan barisan untuk mendorong demokrasi seluas-luasnya dan mencegah militerisme kembali merusak demokrasi.”

Gema Demokrasi sendiri terdiri dari berbagai LSM, seperti AJI Indonesia, LBH Jakarta, KontraS, LBH Pers, Elsam, YLBHI, Imparsial, Konsorsium Pembaharuan Agraria, dan lain-lain.

Beberapa elemen serikat buruh dan ormas seperti KASBI, KPO-PRP, SGMK, SGBN, PPR, GSPB, FSedar, Solidaritas.net, KPRI, PurpleCode, juga turut serta menjadi bagian dari aksi Gema Demokrasi. (ars)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]