Bakal Calon Gubernur Ini Janji Usung Pembangunan Kota yang Berpihak Pada Buruh

Jakarta – Pengamat tata ruang kota yang juga merupakan bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Marco Kusumawijaya ikut menanggapi perihal aksi buruh pada perayaan Hari Buruh Sedunia kemarin. Dalam pernyataan tertulisnya, ia mengatakan bahwa aksi buruh seharusnya juga menuntut kehiduapan yang layak di kota besar.

Salah satu isu yang harusnya disuarakan oleh buruh adalah transportasi massal serta hunian yang layak dan terjangkau bagi buruh. “Dengan adanya moda trasnportasi massal dan hunian yang layak terjangkau, maka dapat mengurangi beban hidup kaum buruh,” ujar Marco.

Menurutnya, kota besar seperti Jakarta tidak memiliki keberpihakan kepada masyarakat kelas bawah seperti buruh, karena dalam hal transportasi Jakarta lebih berbasiskan pada kendaraan pribadi. “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, agar berpihak kepada para kaum buruh yang mayoritas tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya,” terangnya.

Kritiknya terhadap pemerintah provinsi DKI Jakarta yang dinilai tidak memiliki keberpihakan pada kelas bawah, seperti dengan melakukan penggusuran-penggusuran hunian warga kelas bawah. “Kondisi yang ada saat ini, kota besar tidak berpihak kepada kaum buruh. Biaya transportasi dan biaya sewa hunian mahal,” katanya seperti diwartakan oleh Suara Pembaharuan.

Masyarakat kelas bawah seperti buruh dapat menyisakan sedikit penghasilannya untuk menabung dan berbagai kebutuhan lainnya, jika pemerinta Jakarta memudahkan kehidupan buruh dengan memberikan akses transportasi murah dan massal serta hunian yang layak.

Dan sebagai salah satu bakal calon Gubernur DKI Jakarta, ia juga mengutarakan janjinya pada saat maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada pilkada 2017 nanti. Program yang ia usung adalah mengedepankan pembangunan kota yang berpihak pada kaum buruh. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]