Teguh Santosa, Balon Gubernur DKI Jakarta Kritik Ahok Soal Upah Buruh DKI Jakarta

Jakarta – Isu perburuhan yang menjadi trending news dalam beberapa hari ini karena adanya momentum peringatan hari buruh sedunia, mendapatkan respon dari salah seorang bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Teguh Santosa.

Menurut Teguh Santosa, dalam bidang perburuhan, pemerintah provinsi DKI Jakarta dinilai tidak berpihak kepada nasib buruh. Hal tersebut tercermin dalam nilai upah minimum provinsi DKI Jakarta yang justru lebih kecil dibandingkan dengan daerah penyangga ibu kota, seperti Bekasi.

Upah minimum DKI saat ini berkisar 3,1 juta rupiah per bulan, sementara untuk Bekasi mencanpai angka 3,3 juta rupiah per bulan. Upah yang menjadi salah satu landasan kesejahteraan buruh dan masih menjadi masalah klasik dalam isu perburuhan, dinilai oleh Tegus Santosa karena adanya kesan keberpihakan pemerintah DKI Jakarta kepada pengusaha.

“Dalam dua tahun terakhir pemerintahan Jakarta, ada kesan kuat bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta lebih berteman baik dengan kalangan pengusaha,” tegas Teguh dalam rilisnya, Senin (2/5/2016).

Lebih jauh ia menilai bahwa upah di Jakarta tidak sebanding dengan kebutuhan biaya hidup di Jakarta yang jauh lebih besar ketimbang di Bekasi. “Padahal biaya hidup Jakarta lebih besar. Selain itu beban pendidikan anak, dan pelatihan bagi buruh, perumahan dan lainnya,” ujarnya.

Tegus Santosa yang juga merupakan pimpinan salah satu media online Rakyat Merdeka Online itu, juga memaklumi jika saat ini para buruh kecewa terhadap Ahok atau Basuki Tjahya Purnama, sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Namun demikian, ia juga tak menafikan bahwa pengusaha dan buruh merupakan dua elemen yang harus diatur dengan baik untuk memberikan perlindungan yang seimbang bagi kedua belah pihak. “Seharusnya pemerintah DKI bisa berbicara dengan baik dengan pengusaha untuk memberikan insentif buat buruh. Seharusnya itu dibicarakan dengan pengusaha melalui pertemuan tripatit,” tutur Teguh. (idr)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]