Upah Dibawah UMK, Buruh Datangi DPRD Sukoharjo

Sukoharjo — Pelanggaran atas kewajiban perusahaan untuk membayarkan upah buruhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ternyata masih banyak terjadi. Kali ini terjadi pada buruh yang bekerja di PT Nusa Media Web, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Karena itu, puluhan buruh melakukan aksi di depan Kantor DPRD Sukoharjo, kemarin. Mereka untuk mengadukan pengupahan di perusahaan mereka yang tidak sesuai ketentuan. Bahkan iuran BPJS yang dibayar oleh buruh, ternyata juga tak disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Menurut Aris Haryanto, selaku koordinator aksi, perusahaan dalam membayarkan kenaikan upah dilakukan dengan cara diangsur. “Ini tidak sesuai dengan aturan yang ada, di mana gaji atau upah seharusnya dibayarkan penuh,” ujarnya seperti dikutip Suara Merdeka.

Atas persoalan ini, mereka telah mendatangi Dinas Tenaga Kerja pada 3 Maret 2016 agar dilakukan upaya mediasi. Namun Dinas sejauh ini tidak melaksanakan permohonan tersebut. “Justru Disnakertrans Sukoharjo menyarankan kepada perusahaan untuk menghapus uang makan para karyawan. Ini sudah berjalan tiga minggu, perusahaan hanya mengganti uang makan selama 5 hari,” ujarnya.

Aksi tersebut dilakukan buruh, lantaran berbagai proses mediasi tidak kunjung memberikan hasil yang baik bagi buruh. Perundingan dengan perusahaan yang dijanjikan upah akan dibayarkan utuh pada Maret, ternyata tak juga teralisasi sampai bulan April.

Namun sayangnya, pihak DPRD Sukoharjo juga tak menemui aspirasi dari buruh tersebut. Alasannya, DPRD Sukoharjo sedang ada kegiatan dan sebelumnya para buruh juga tidak memberikan pemberitahuan untuk audiensi dengan anggota DPRD. Sehingga mereka hanya ditemui oleh Bagian Sekretariat DPRD. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]