Kawasan Industri JIIPE Gresik, Mulai Diminati Investor

Gresik — Kawasan Industri di Gresik Jawa Timur, Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), terlihat semakin diminati oleh para investor. Hal ini dapat dilihat dengan semakin meningkatnya jumlah investor yang menanamkan modal dan membangun pabrik di kawasan tersebut.

Tercatat dari awal tahun hingga saat ini, jumlah industri yang sedang membangun pabrik dari 4 menjadi 7 pabrik. “Sudah ada 12 perusahaan yang telah MoU dengan kami, namun belum memulai pengerjaan konstruksi perusahaannya,” ujar Direktur PT Usaha Era Pratama Nusantara, Koko Mathew.

PT Usaha Era Pratama Nusantara yang merupakan anak perusahaan dari PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dimana PT AKRA dan PT Pelindo III (Persero), merupakan pengelola Kawasan Industri JIIPE. Mereka menyediakan 1.761 hektar untuk kawasan industri, da sudah membebaskan 1.400 hektar lahan.

Empat perusahaan yang sedang membangun pabriknya di JIIPE adalah, PT Unichem Candi Indonesia, PT Clariant Indonesia, PT Tirta Bahagia, dan AKR Group. Sementara 3 perusahaan lain yang baru datang, bergerak di bidang industri alat berat, pupuk dan otomotif.

Seperti diwartakan oleh Kompas.com, kawasan industri JIIPE juga dilengkapi dengan Dermaga Terminal yang telah beroperasi sejak 29 Januari 2016 lalu. Dalam jangka panjang, dermaga ini diproyeksikan untuk dapat mengurangi beban dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Dikatakan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, kawasan industri JIIPE memiliki arti strategis dalam meningkatkan investasi di Jawa Timur. “Diharapkan Jawa Timur berkontribusi sebesar 10,6% atau sebesar 347,2 triliun dari target investasi Nasional, dalam rentang 2015-2019,” tuturnya. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]