Hanif Dhakiri Minta BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Kualitas dan Jumlah Peserta

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri meminta kepada seluruh jajaran direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, agar dapat bekerja lebih baik untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dorongan tersebut dimaksudkan agar kesejahteraan buruh maupun pengusaha terus meningkat.

Seperti diketahui, belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik direksi BPJS Ketenagakerjaan beserta dengan dewan pengawasnya. Selain layanan, Hanif juga mendorong agar sosialisasi tentang kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat terus diintensifkan, agar jumlah buruh yang terlindungi semakin banyak.

Dua hal itu menjadi titk berat dari kementerian ketenagakerjaan kepada jajaran direksi BPJS Ketangakerjaan yang baru, di bawah pimpinan Agus Susanto. ”BPJS Ketenagakerjaan harus mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memuaskan bagi buruh dan pengusaha,” kata M Hanif Dhakiri.

Menurut Hanif, perlindungan sosial telah menjadi kewajiban negara dan juga trend global, termasuk diantaranya juga masuk dalam kesepakatan di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). ”Perlindungan sosial saat ini telah menjadi trend global, dalam penerapan MEA juga mewajibkan adanya perlindungan sosial. Ini juga merupakan upaya negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi buruh,” katanya.

Dengan adanya perlindungan ini, maka pemerintah dapat mewujudkan ketenangan bagi buruh dalam bekerja. Dan bagi kalangan pengusaha, secara makro akan meningkatkan produktivitas kerja, dan lebih jauh akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Berdasarkan data per 31 Desember 2015, BPJS Ketenagakerjaan telah melayani 19,1 juta peserta aktif, baik di sektor formal maupun informal. ”Dengan program kecelakaan kerja, program kematian, program jaminan hari tua dan program pensiun, serta adanya Jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan, kita optimis perlindungan dan kesejahteraan buruh akan meningkat,” sambungnya. (zek)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]