Perusahaan Pemenang Tender Pemkot Cimahi, Banyak Tak Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Jawa Barat – Kesadaran dan kewajiban perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan rupanya masih rendah. Hal ini seperti yang terjadi di Kota Cimahi, Jawa Barat. Dimana sepanjang tahun 2015, terdapat beberapa perusahaan yang mendapatkan proyek dari pemerintah, namun tidak mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Marketing Officer BPJS Cabang Kota Cimahi, Sandi Gumilar, seperti yang tertuang dalam situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Namun disayangkan, pihaknya tidak menyebutkan jumlah dan nama perusahaan yang melanggar kewajiban mendaftarkan BPJS kepada pekerjanya. “Untuk masalah angkanya saya agak lupa, tapi memang belum semua,” ujarnya.

Selanjutnya pihaknya ingin pada tahun 2016 ini, semua perusahaan yang mendapatkan proyek dari pemerintah memberikan perlindungan kepada pekerjanya melalui BPJS Ketenagakerjaan. “Kami ingin tahun ini semua perusahaan itu bisa melindungi pekerjaanya dari kecelakaan kerja dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya kini bersama Pemkot Cimahi, gencar melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan, khususnya di jasa konstruksi di Cimahi. Fokus utama dari kegiatan tersebut adalah memberikan arahan kepada para pemenang lelang tender Pemkot Cimahi, bahwa persyaratan pendaftaran pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan adalah kewajiban.

Menurutnya, kewajiban perusahaan mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan harus dilakukan sebelum pekerjaan proyek dimulai. “Ini sebenarnya sudah ada aturannya. Begitu ada proyek yang ditangani, sudah langsung mendaftarkan pekerjanya mengikuti program Jaminan Kecelakaan Kerja maupun Jaminan Kematian,” tegasnya.

Dengan didaftarkannya para pekerja di program BPJS Ketenagakerjaan pada saat mendapatkan proyek dan sebelum memulai pekerjaan proyek, maka para pekerja akan terlindungi. Sehingga berbagai resiko yang mungkin muncul pada saat pelaksanaan proyek akan langsung dapat tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]