kabarburuh.com, Medianya Kaum Buruh Indonesia

Jakarta – Menyambut tahun 2016, kabarburuh.com mencoba hadir dengan pembaharuan desain tampilan website dan juga format sebagai portal media dalam hal rubrikasi. Pembaharuan ini kami maksudkan untuk menambah kenyamanan membaca serta menggalang partisipasi buruh dan masyarakat umum untuk menjadikan kabarburuh.com sebagai medianya buruh Indonesia.

Kami mencanangkan sebuah konsep menjadikan kabarburuh.com sebagai sebuah media milik kaum buruh Indonesia, yang menyajikan berbagai informasi, pengetahuan dan berita seputar perburuhan dari sudut pandang buruh.

Mengapa demikian? Kami melihat bahwa saat ini, media mainstream mempunyai kecenderungan melihat persoalan perburuhan dari sudut pandang yang cenderung negatif. Berita-berita seputar aksi buruh yang membuat kemacetan dan meninggalkan sampah, aksi buruh yang rusuh, buruh dengan motor ninja dan HP yang bagus, dan lain sebagainya.

Pemberitaan seperti itu selain menyudutkan kaum buruh, juga menggiring opini publik untuk menyatakan bahwa aksi-aksi yang dilakukan oleh buruh adalah hal yang buruk dan tak perlu mendapatkan dukungan. Tanpa membeberkan apa yang menjadi dasar dan alasan buruh melakukan aksi, membuat masyarakat umum dengan mudah menerima wacana negatif tersebut.

Berita-berita tentang kasus perburuhan ditingkat pabrik, juga tak pernah dianggap sebagai sebuah berita yang layak untuk ditayangkan di media mainstream. Informasi tersebut dianggap tidak memiliki nilai berita yang membuat orang datang untuk membaca.

kabarburuh.com melihat satu hal yang berbeda. Kami hadir dengan harapan dapat menjelaskan kepada masyarakat luas tentang kenapa dan apa alasan buruh melakukan berbagai aksi dan kritik terhadap pemerintah. Sehingga masyarakat umum dapat melihat dengan jernih berbagai persoalan perburuhan, tanpa melakukan penghakiman bahwa aksi buruh adalah buruk.

Begitu pula dengan berita-berita persoalan perburuhan di tingkat terkecil seperti pabrik ataupun kasus perseorangan. Bagi kami, hal tersebut adalah sebuah informasi yang penting untuk dikabarkan kepada masyarakat luas dan juga pemerintah. Karena dari tingkat yang paling kecil tersebut, publik akan melihat bagaimana nasib dan perlakuan terhadap buruh, serta hendak membantu publikasi secara luas atas berbagai kasus perburuhan.

Jurnalisme Buruh Indonesia

Mengadopsi konsep dan filosofi dari jurnalisme warga (citizen journalism), yang memiliki makna sebuah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat (buruh) dalam bentuk memberikan, pengumpulan, melaporkan, analisis serta menyampaikan berbagai informasi dan berita.

Kami ingin mengundang kepada kaum buruh Indonesia, baik individu perorangan ataupun organisasi atau serikat buruh, untuk memberikan informasi, berita dan pengetahuan yang dilihat atau dirasakan secara langsung oleh anda para pembaca kabarburuh.com. Tulisan dapat berbentuk rilis, informasi singkat ataupun juga terbuka untuk menulis opini dan analisa anda tentang isu perburuhan.

Dengan itu, kami membuka satu rubrikasi baru yang kami beri nama “Kabar Buruh”. Kami maksudkan rubrik tersebut sebagai tempat bagi buruh Indonesia untuk mengabarkan berbagai hal terkait perburuhan.

Anda cukup menuliskan beberapa informasi penting yang hendak anda sampaikan dalam sebuah tulisan singkat yang menjelaskan tentang apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, serta bagaimana sebuah informasi atau berita itu terjadi. Cantumkan juga nama lengkap dan nomor telp yang dapat kami hubungi untuk melakukan konfirmasi. Lalu kirimkan tulisan, berita, informasi atau rilis media tersebut dan sertakan pula foto peristiwa tersebut ke alamat email kami di [email protected] atau [email protected].

Atau dapat juga mengirimkan informasi, berita atau rilis media ke nomor telp/fax di 0217943800 atau via Whats App di nomor 0812-9627-3171.

kabarburuh.com adalah “rumah” sederhana bagi kaum buruh Indonesia, tak peduli apapun bendera serikat, atau apapun posisi seorang buruh dalam sebuah pekerjaan atau struktur industri. Dan tim redaksi kabarburuh.com hanyalah orang-orang yang menjaga dan merawat “rumah” tersebut dan memfasilitasi kaum buruh Indonesia untuk mengabarkan tentang perburuhan di Indonesia.

Dengan partisipasi anda semua, kami berharap seluruh kaum buruh di Indonesia semakin cerdas dan kritis. Dan berbagai informasi perburuhan langsung dari lapangan, dapat dibaca secara luas oleh masyarakat umum.

Salam

Redaksi Kabar Buruh

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]