300 Buruh PT Dongjin Mogok Kerja, Karena Perusahaan Langgar Perjanjian

Banten – Aksi mogok kerja yang dilakukan oleh buruh kembali lagi terjadi, kali ini terjadi di PT Dongjin Indonesia. Sekitar 300 orang buruh yang bekerja mulai melakukan mogok kerja kemarin (11/1/2016) di depan Pabrik yang berlokasi di Pangabuan, Kota Cilegon, Banten.

Beberapa atribut aksi buruh dibentangkan di depan pabrik seperti spanduk dan berbagai poster yang diselingi oleh orasi dari para buruh. Mogok kerja dilakukan oleh buruh karena gagalnya perundingan dengan pihak perusahaan dalam persoalan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Menurut para buruh yang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (FSP KEP), penerapan sistem pengupahan yang dijalankan perusahaan telah bertentangan dengan PKB yang telah disepakati antara kedua belah pihak. Diantaranya adalah tunjangan perumahan, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan lain sebagainya yang tak terealisasi.

Ketua FSP KEP PT Dongjin Indonesia, Muchtar Bahri menjelaskan bahwa struktur pengupahan yang selama ini berlaku di perusahan masih semrawut. “Kami menuntut perusahaan agar sistem pengupahan dalam PKB diperbaharui,” ujarnya seperti diwartakan oleh Tangselpos.

Dialog diantara kedua belah pihak juga sempat terjadi, namun tak membuahkan hasil karena perusahaan tidak mau memenuhi tuntutan dari pihak buruh. Sehingga buruh memututskan untuk terus melakukan aksi mogok kerja sampai menemukan kata sepakat. “Mogok kerja akan terus dilakukan sampai semua tuntutan dipenuhi,” tegas Muchtar.

Sementara menurut General Affair Manajer PT Dongjin Indonesia, Cecep Adi membantah tuduhan buruh yang tidak menjalankan pengupahan sesuai dengan PKB. Menurutnya instrumen upah normatif dan non normatif telah dijalankan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan.

Pihaknya juga meyangkan aksi mogok kerja yang dilakukan buruh karena sangat merugikan perusahaan. Dan mengenai tuntutan buruh pihaknya juga belum dapat memenuhi karena mekanisme kebijakan yang harus diambil oleh pimpinan pusat. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]