9 Jenis Pekerjaan yang Akan Tergantikan Mesin dan Tekhnologi

Perkembangan tekhnologi pada saat ini begitu pesat. Terlebih juga ditunjang dengan pengembangan dunia internet yang semakin memungkinkan untuk menunjang pesatnya pengembangan tekhnologi. Perkembangan tersebut juga begitu dimanfaatkan oleh dunia industri untuk meningkatkan produksi dan memperingan biaya produksi.

Bahkan menurut Glassdoor, sebuah situs yang memfasilitasi para pencari kerja, memperkirakan pada tahun 2033 mendatang, mekanisasi atau otomatisasi pekerjaan akan menggantikan tenaga buruh/manusia. Bahkan diperkirakan 47% dari pekerjaan yang ada saat ini akan digantikan oleh mesin.

Perkembangan tekhnologi digital juga telah menjadikan berbagai pekerjaan dan kebutuhan dapat dilakukan oleh orang secara langsung, tanpa perlu layanan jasa dari pihak lain.

Apakah pekerjaan anda adalah salah satu jenis pekerjaan yang akan tergantikan mesin dan dengan kemajuan tekhnologi? Berikut adalah prediksi pekerjaan yang akan tergantikan mesin dan tekhnologi:

1. Teller Bank
Saat ini tekhnologi perbankan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) telah mampu melayani para nasabah untuk dapat mengambil uang tunai, transfer, pembayaran tagihan atau bahkan menyimpan uangnya melalui ATM.

Belum lagi operasional perbankan juga semakin canggih, dimana setiap nasabah dapat melakukan transaksi melalui komputer atau smartphonenya masing-masing. Dengan aplikasi yang tersedia, nasabah tak perlu lagi datang ke Bank untuk melakukan transaksi.

2. Kasir
Tak ubahnya seperti teller bank, pekerjaan sebagai kasir yang juga dapat tergantikan oleh kemajuan tekhnologi. Beberapa toko besar di AS dan negara-negara di Eropa sudah menyediakan sebuah mesin khusus untuk layanan mandiri para pembelinya.

3. Produksi Pabrikan
Pengalihan tenaga manusia/buruh ke mesin dari jenis pekerjaan ini sebenarnya sudah mulai banyak terjadi. Beberapa industri di negara maju telah banyak menggunakan mesin sebagai tenaga produksi yang menggantikan peran buruh. Jikapun masih dibutuhkan, jumlahnya sangat sedikit yang berfungsi sebagai operator mesin atau komputer.

4. Operator Telepon
Pernah mencoba menghubungi costumer service pada berbagai layanan? Ya, tugas menerima panggilan telepon sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual secara otomatis.

5. Tukang pos
Perkembangan dan perluasan internet yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, ditunjang dengan perkembangan tekhnologi smartphone yang mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat adalah sebabnya. Sebuah sebab yang akan menggantikan peran pekerjaan pengantar surat atau tukang pos.

6. Wartawan Media Cetak
Tak bisa dipungkiri, media cetak kini telah dapat digantikan perannya sebagai penyedia informasi dan berita. Diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, cukup banyak media cetak yang menutup perusahaan dan beralih ke media online.

Lebih jauh dengan meningkatnya layanan blog dan media online orang dapat memberikan informasi secara langsung ke media untuk dijadikan sebagai sebuah berita atau informasi.

6. Penerbit dan Percetakan
Bukan saja para reporter media cetak yang akan tergantikan, namun juga rentetan pekerjaan lain yang berhubungan dengan media cetak, seperti operator percetakan, penjaga toko buku dan distributor media cetak juga akan kehilangan perannya.

Terlebih pada saat ini sudah mulai muncul trend e-book yang membuat orang tak harus mencetak buku untuk menjualnya. Cukup disimpan dalam bentuk softfile, orang dapat membeli buku melalui online.

7. Agen Perjalanan (travel agent)
Memang saat ini masih banyak orang yang menggunakan jasa Travel Agent untuk mengurusi pembelian tiket pesawat atau kereta. Namun juga tak sedikit orang yang telah melakukan itu secara mandiri melalui website secara langsung. Bahkan berbagai alternatif harga dapat dicari oleh pembeli.

8. Petani
Tekhnologi pertanian juga merupakan salah satu tekhnologi yang cukup berkembang pesat. Dengan semakin menyempitnya lahan pertanian, tekhnologi terus berupaya menjawab kebutuhan akan semakin banyaknya hasil pertanian ditengah penyempitan lahan.

Traktor mengolah lahan atau penggilingan hasil pertanian, adalah contoh kecil mesin yang telah menggantikan peran manusia. Terlebih lagi secara sosial, keinginan anak muda untuk menjadi seorang petani juga terus meningkat.

9. Penjaga Pintu Tol
Peran dan fungsinya untuk memberikan karcis tol dan transaksi pembayaran tiket tol sudah mulai tergantikan dengan mesin-mesin. Orang cukup menempelkan kartu di mesin, lalu karcis tol akan keluar dan pintu terbuka.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]