Riau Raih Penghargaan Tertinggi Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan

Jakarta – Menjelang akhir tahun, menteri ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menyerahkan penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) 2015 kepada pemerintah provinsi Riau.
Ini merupakan penilaian kelima sejak diselenggarakan pada 2011 silam.

Pemerintah provinsi Riau berhasil meraih penghargaan IPK 2015 dengan nilai 69,55 mengalahkan Jakarta yang berada diperingkat kedua dengan nilai 64,00.

Dasar dari dibuatnya IPK adalah Kementerian Ketenagakerjaan pada saat itu tidak memiliki metode yang pas untuk mendorong pemprov maupun pemkab dan pemkot melaksanakan seluruh layanan, kebijakan dan program ketenagekerjaan yang telah digariskan.

Oleh karenanya, Kemenaker merasa perlu untuk menyusun Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK).
Yang bertujuan untuk mengukur sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di provinsi dan kabupaten/kota serta memudahkan untuk mengevaluasi kebijakan dan program ketenagakerjaan yang telah dilakukan.

Selain itu, IPK juga dapat dijadikan salah satu tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Alat ukur yang menjadi standar penilaian IPK adalah perencanaan tenaga kerja, penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja, pelatihan dan kompetensi kerja, produktivitas tenaga kerja, hubungan industrial, kondisi lingkungan kerja, pengupahan dan kesejahteraan pekerja dan jaminan sosial tenaga kerja.

Urutan Provinsi Nilai
1 Riau 69,55
2 Jakarta 64,00
3 Kalimantan Tengah 63,60
4 DI Yogyakarta 63,36
5 Bali 63,26

Walaupun Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan nasional meningkat dibandingkan 2014, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri merasa kenaikan IPK nasional tidak signifikan. IPK nasional 2015 nilainya 55,73. Nilai tersebut hanya meningkat 0,23 dibandingkan tahun 2014 yang nilainya 55,50.

“IPK-nya memang meningkat, tapi buat saya kurang signifikan,” kata Hanif dalam sambutannya saat meresmikan Data Centre Kementerian Ketenagakerjaan sekaligus menyerahkan penghargaan terhadap pemenang IPK di Gedung Tri Dharma, Kantor Kemnaker, Jakarta, minggu lalu. (zek)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]