Buruh PT Spinmill 21 Hari Mogok Kerja Menolak Sistem Kerja Kontrak

Federasi Serikat Buruh Garmen dan Tekstil yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, PT Spinmill Indah Industri sampai saat ini masih melakukan aksi di depan perusahaan yang beralamat jalan arya jaya santika no. 55 Kp. Pasirnangka kec. Tigaraksa Kab. Tangerang, Banten.

Para buruh menuntut hak-haknya terkait dengan status kerja mereka yang sampai saat ini masih dikontrak. “Kami menganggap kontrak di PT Spinmill Indah Industry tidak sesuai dengan Aturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Musafa Ahmad dalam rilisnya yang diterima Kabar Buruh.

Pihak dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kab. Tangerang telah melekukan pemeriksaan ke perusahaan dan hasilnya bahwa kontrak di PT Spinmill Indah Industry Tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan perusahaan juga telah melanggar Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Pasal 10, bahwa buruh yang baru masuk akan diangkat sebagai sebagai karyawan tetap setelah lulus masa percobaan selama 3 bulan.

Selain sistem kontrak ternyata perusahaan juga memberlakukan sistem kerja borongan, dengan praktek buruh yang habis kontraknya dipindahkan ke perusahaan pemborongan dengan perjanjian kerja baru. “Kami buruh bukan sampah yang bisa dibuang begitu saja, kami punya jasa di perusahaan,” lanjutnya.

Atas tindakan perusahaan tersebut, FSB Gartekx SBSI melakukan aksi mogok kerja yang sampai saat ini telah berlangsung selama 21 hari dengan melibatkan sekitar 600 anggotanya. Namun aksi tersebut disikapi oleh perusahaan dengan menyebarkan isu akan adanya pemanggilan dan pemecatan kepada buruh yang melakukan mogok kerja.

“Kami menilai perusahaan tidak ada itikad baik untuk menyelasaikan masalah ini. Perusahaan telah 2 kali mangkir dipanggil oleh dinas tenaga kerja, 1 kali mangkir di panggil oleh mediator. Dan hari senin tanggal 28 desember besok, perwakilan buruh dan perwakilan dari perusahaan dipanggil kembali oleh disnaker untuk mengklarifikasi maslah ini,” jelasnya.

PT Spinmill Indah Industry adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemintalan benang, yang telah masuk ke pasar export. Selain FSB Garteks SBSI, di perusahaan tersebut juga terdapat serikat buruh FSP TSK KSPSI.

*Kontribusi berita dari Jutex Musafa’ Achmad

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]