Hari Terakhir Mogok Nasional Buruh Masih Berlangsung di Berbagai Daerah

Jakarta – Hari ini adalah hari terakhir aksi mogok nasional yang dilakukan oleh berbagai elemen buruh di Indonesia. Dari pantauan tim Kabar Buruh di lapangan serta informasi yang didapat dari koresponden Kabar Buruh, aksi mogok nasional hari ini di pusatkan di kantor-kantor Pemerintah daerah.

Menurut Michael yang merupakan tim media dari Gerakan Buruh Indonesia, beberapa kota, kabupaten dan propinsi yang masih turun aksi mogok nasional pada hari ini tersebar di Sidoardjo, Jawa timur. Sumatera Utara. Bandung, Karawang, Kabupaten dan Kotamadya Bekasi, Jakarta, dan Tangerang.

Dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, sekitar 3.000 buruh dari berbagai organisasi serikat buruh memusatkan aksinya di kantor Kabupaten Bekasi. “Namun di Kota Bekasi, massa buruh dihadang oleh polisi, dilarang untuk menuju kantor Walikota Bekasi,” ujarnya ketika berkomunikasi dengan Kabar Buruh.

Sementara menurut informasi darinya, buruh di kawasan industri Pulo Gadung hari ini melakukan konvoi di kawasan dan melibatkan hampir semua serikat buruh seperti, KPBI, KASBI, KSPI, KSBSI, KSPSI-AGN dan berbagai serikat lainnya. Sedianya massa akan menuju Kawasan Berikat Nusantara Cakung untuk menggelar rapat akbar pada pukul 18.00 WIB.

Di Medan, Sumatera Utara, menurut informasi dari pengurus Persatuan Perjuangan Indonesia, Peden menyampaikan bahwa tak banyak pergerakan di Sumatera Utara. Massa buruh dari Federasi Perjuangan Buruh Indonesia juga terlihat hanya membagikan selebaran di kawasan industri. Hal yang sama juga dilakukan oleh Sentral Gerakan Buruh Indonesia.

Di Tangerang, ribuan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Serikat Pekerja Nasional juga memusatkan aksinya di depan Kantor Gubernur Banten. Mereka datang dari berbagai titik kawasan Industri di seputaran Banten.

Di Batam, Kepulauan Riau, yang merupakan salah satu daerah industri yang besar di Indonesia, ribuan buruh juga memadati kantor Walikota Batam. Mereka berasal dari FSPMI. Ribuan buruh sudah bergerak dari pagi dan terus melakukan orasi penolakan Peraturan Pemerintah Nomor 78/2015 tentang Pengupahan.

Di Kabupaten Karawang, ratusan buruh dari Persaudaran Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) melakukkan istighosah di sebuah masjid usai menjalankan ibadah sholat Jumat. Istighosah tersebut masih merupakan rangkaian doa para buruh agar pemerintah dapat membuka hati untuk mencabut PP Pengupahan.

Sementara itu, Said Iqbal Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sempat menggelar jumpa pers di kantor LBH Jakarta bersama dengan Sekjend International Trade Union Confederation – Asia Pasific (ITUC AP) Noriyuki Suzuki, lalu melanjutkan menuju Polda Metro Jaya untuk mendampingi Sekjend KSPI Muhammad Rusdi yang menjalani pemeriksaan keduanya terkait penetapannya menjadi tersangka atas aksi buruh tanggal 30 Oktober 2015. (gum)

Aksi buruh di Batam hari ini.
Aksi buruh di Batam hari ini.
Aksi buruh di depan kantor Kabupaten Bekasi.
Aksi buruh di depan kantor Kabupaten Bekasi.
Aksi buruh di depan Kantor Gubernur Banten.
Aksi buruh di depan Kantor Gubernur Banten.
Aksi konvoi buruh di kawasan Industri Pulo Gadung.
Aksi konvoi buruh di kawasan Industri Pulo Gadung.
Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]