Menaker Hanif Dhakiri Masuk 10 Besar Menteri Berkinerja Baik

Jakarta — SERARA Institute, sebuah lembaga survey, kemarin merilis hasil studi kualitatifnya yang memberikan penilaian 10 menteri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi selama satu tahun yang dianggap memiliki kinerja yang baik.

“10 menteri itu memiliki komposisi tujuh menteri berlatarbelakang partai politik dan tiga menteri berlatarbelakang profesional,” ujar Ismail Hasani Direktur SETARA Institute di kantornya.

Dalam paparannya, kesepuluh menteri itu dinilai memiliki kompetensi baik di bidangnya masing-masing. Dimana studi tersebut dilakukan karena Presiden Jokowi kerap menggunakan dasar pemberitaan media sebagai salah satu bahan evaluasi kinerja dari para awak kabinetnya.

Pengukuran kinerja itu dilakukan dengan metode studi kualitatif. Studi dilakukan dengan cara mengkaji dokumen-dokumen yang dianggap relevan seperti dokumen perencanaan kerja kementerian, laporan kerja, laporan serapan anggaran, hingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

Adapun variabel yang digubakan dalam penilaian tersebut adalah kompetensi kepemimpinan, dukungan politik, kinerja lembaga, dan capaian kinerja sesuai latar belakang menteri yang bersangkutan.

Dan dari keempat variabel tersebut diturunkan menjadi tujuh indikator yang menjadi dasar pemberian skor. Yaitu emampuan komunikasi, kualitas perencanaan, tingkat serapan anggaran, pencapaian kinerja, latar belakang pendidikan, pengalaman, dan dukungan politik.

Menaker Hanif Dhakiri sendiri berada dalam peringkat ke 10, dalam 10 menteri berkinerja terbaik dengan nilai 6,86. Dan berikut ini adalah 10 menteri dengan kinerja terbaik versi SETARA Institute;

1. Menteri Susi = 8,29
2. Menteri Tjahjo = 8
3. Menteri Ferry = 7,86
4. Menteri Anies = 7,57
5. Menteri Yuddy = 7,29
6. Sekab Pramono = 7,29
7. Menteri Lukman = 7,14
8. Menteri Retno = 7,14
9. Menteri Marwan = 7
10. Menteri Hanif = 6,86

(gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]