Buruh Jogja Juga Menolak RPP Pengupahan

Yogyakarta — Aksi penolakan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengupahan yang dilakukan oleh Komite Persiapan – Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KP-KPBI) kemarin (24/10/2015) ternyata tidak hanya terjadi di Jakarta.

Puluhan aktivis serikat buruh di Yogyakarta dari KP-KPBI juga menggelar aksi penolakannya terhadap RPP Pengupahan, di depan Gedung Agung, kawasan Malioboro, Yogyakarta. Mereka memulai dari taman parkir Abu Bakar Ali hingga depan Gedung Agung.

Seperti halnya berbagai unjuk rasa burug lainnya, para buruh dari Jogja inj juga menyerukan tuntutan menolak RPP Pengupahan. “Kami menuntut peraturan pemerintah tentang pengupahan harus dibatalkan,” ujar Restu, koordinator aksi KP-KPBI Jogja.

Menurutnya, dalam peraturan dengan formulasi pengupahan baru tersebut tidak melibatkan buruh dalam penentuan besaran upah seperti yang terjadi selama ini. Serta menilai bahwa formulasi RPP Pengupahan tidak berpihak pada kesejahteraan buruh.

Restu menganggap RPP Pengupahan akan membuat laju kenaikan upah setiap tahunnya lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan sistem pengupahan yang lama. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]