KHL Jogja 2,5 Juta, Formula Baru Pengupahan Hanya 1,4 juta

Yogyakarta — Aksi-aksi penolakan paket kebijakan ekonomi tahap IV terkait formulasi baru penetapan upah buruh masih berlanjut di bernagai daerah. Kali ini suara penolakan muncul dari Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY).

Sekjen ABY, Kernadi mengungkapkan, kebijakan tersebut nantinya hanya akan semakin menyengsarakan dan memiskinkan buruh. “Jika perhitungannya berdasarkan kondisi ekonomi atau pertumbuhan ekonomi tambah inflasi, maka kenaikan hanya akan berkisar 5 sampai 10 persen,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kondisi setiap daerah tidak sama. Ia mencontohkan gas 3 kilo seharga 15 ribu rupiah, padahal di daerah-daerah harga gas itu mencapai 20 ribu rupiah bahkan lebih. “Perhitungan dengan sistem yang lama lebih riil karena mengacu pada kondisi ekonomi di daerah,” jelasnya.

Berdasarkan hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) buruh yang dilakukan oleh ABY, UMK di Yogyakarta tahun 2016 mencapai Rp 2,5 juta. Angka tersebut didapat dari perhitungan 60 komponen KHL seperti yang tertera dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 13 Tahun 2012.

Sementara jika didasari pada perhitungan upah yang baru, upah buruh di DIY hanya akan naik pada kisaran 10% dari UMK sekarang yang sebesar 1,3 juta rupiah. Artinya kenaikan upah 2016 hanya sebesar 130 ribu rupiah, atau sebesar Rp. 1.430.000,-.

Kernadi menegaskan, dengan ditetapkan kebijakan pengupahan baru, harapan buruh Yogyakarta untuk mendapat kenaikan upah sesuai KHL dan kondisi ekonomi riil saat ini akan sirna. “Formula penghitungan upah baru ini hanya akan melanggengkan upah murah pada buruh,” tegasnya

Sebagai bentuk penolakan nyata, pihaknya bersama dengan buruh lain se-Indonesia akan menggelar aksi di daerah dengan tuntutan pembatalan rumusan baru pengupahan. “Yang jelas minggu-minggu ini kita akan melakukam aksi pnolakan, kita masih melakukan konsolidasi dengan teman-teman buruh se Indonesia,” terangnya. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]