SP TSK-SPSI Tolak KHL 1,9 Juta dan Menuntut UMK Sukabumi 2,5 Juta

Sukabumi – Ribuan buruh tergabung Serikat Pekerja Tekstil Sandang Kulit-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTSK-SPSI) meminta Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2016 dinaikan sampai dengan Rp 2.577.873. Adapun UMK Kabupaten Sukabumi pada tahun ini adalah sebesar Rp.1.572.000.

Selain menuntut kenaikan upah dari hasil survey yang telah mereka lakukan di 4 pasar di wilayah Sukabumi, yaitu pasar Cicurug, Cibadak, Sukaraja dan Pangleseran. SP TSK-SPSI juga menolak hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK) yakni sebesar Rp.1.900775.

Menurut Moch. Popon, Ketua SP TSK-SPSI Kabupaten Sukabumi, penolakan angka KHL tersebut didasari atas survey yang dilakukan DPK hanya dilakukan di dua pasar saja, yaitu pasar Cibadak dan Cicurug. “Para buruh banyak yang mengecam hasil survei dari DPK, baik besarannya ataupun juga prosesnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Popon juga meminta adanya survei ulang KHL yang dilakukan oleh DPK pada minggu pertama bulan November mendatang. Pihaknya juga menyatakan telah bertemu dengan Bupati Sukabumi pada akhir bulan lalu untuk meminta mengakomodir tuntutan UMK buruh sebesar Rp 2.577.873.

SP TSK-SPSI menilai bahwa situasi ekonomi yang melambat saat ini, tak bisa dijadikan sebagai satu alasan bagi perusahaan untuk menerima tuntutan kenaikan upah buruh. Mengingat sektor sepatu dan garmen adalah salah satu sektor yang berorientasi ekspor, dan dengan nilai dolar yang tinggi justru diuntungkan.

“Yang mengalami kesulitan pada situasi sekarang ini adalah buruh, dengan beban kenaikan harga-harga kebutuhan pokok dan daya beli yang rendah,” ujar Popon.

Sementara itu ketua DPK Sukabumi, Supena, mengatakan bahwa survei ulang KHL memang akan kembali dilakukan pada aval November nanti, tepatnya pada tanggal 2 November 2015. Dan pada tanggal 6 November 2015 akan ditetapkan besaran UMK Kabupaten Sukabumi yang selanjutnya akan diserahkan kepada Dewan Pengupahan tingkat Provinsi. (jib)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]