KHL Kabupaten Sukabumi Versi SPSI dan GSBI Sebesar Rp 2.593.722.

Sukabumi – Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP TSK SPSI) Kabupaten Sukabumi dan Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI) telah melakukan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di empat titik yakni Pasar Cicurug, Cibadak, Sukaraja dan Pangleseran Cikembar dengan hasil Rp 2.593.722.

Sesuai aturan yang berlaku, pelaksanaan survei KHL dilakukan pada setiap awal bulan. Selain itu harus melakukan survei terhadap sejumlah item yang tercantum dalam Permenakertrans Nomor 13 tahun 2012. Wakil Ketua SP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi, Doni Sudarsono kepada wartawan mengatakan harapannya bahwa hasil survei yang dilakukan Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK) tidak berbeda jauh dengan yang dihasilkan para buruh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim mengatakan, DPK hingga kini belum menetapkan besaran KHL. DPK nantinya akan melakukan survei dengan melibatkan anggotanya yang terdiri atas perwakilan pemerintah, serikat buruh, dan pengusaha.

Hasil dari survei buruh tersebut juga telah disampaikan kepada Pejabat Bupati Sukabumi Achadiat Supratman, dan menyatakan bahwa usulan buruh adalah hal positif untuk pembanding bagi DPK. “Nantinya putusan penetapan KHL akan dilakukan oleh DPK. Saat ini ujar dia DPK akan memulai proses survei KHL di beberapa titik,” ujarnya.

Namun demikian ia juga menkankan bahwa nantinya penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tidak hanya berlandaskan pada nilai KHL saja. Ia akan memperhitungkan faktor perlambatan ekonomi yang saat ini jelas berdampak pada dunia usaha.

Untuk tahun ini, besaran UMK Kabupaten Sukabumi adalah sebesar 1.969.000 juta rupiah per bulan. Dengan angka KHL yang disodorkan oleh pihak serikat sebesar 2,5 juta rupiah, maka para buruh mengharapkan UMK buruh para tahun 2016 lebih besar atau paling tidak sama dengan nilai KHL. (gum)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]