Transformasi Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan Yang Terbaik se ASEAN

Jakarta – Transformasi penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dianggap telah berhasil dan berjalan dengan baik. Sehingga atas keberhasilan tersebut, Asosiasi Jaminan Sosial Asean atau ASSA (Asean Social Security Association) memberikan penghargaan “transformation excellence” kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Keberhasilan tersebut ditandai dengan reformasi sistem jaminan sosial yang terjadi secara menyeluruh, bukan secara parsial atau bertahap dalam kurun waktu tertentu. Penyerahan penggaraan tersebut diberikan langsung oleh Chairman ASSA Shahril Ridza Ridzuan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini berbeda dengan pengalaman transformasi diberbagai negara yang hanya menitikberatkan pada pengembangan aspek pelayanan dan kecukupan manfaat. BPJS Ketenagakerjaan berhasil mentransformasikan penyelenggaraan jaminan sosial meliputi aspek status, tata kelola kelembagaan, visi-misi, strategi lembaga, program, etos kerja, manfaat bagi peserta, moderenisasi dan berbagai aspek lainnya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya menyatakan rasa bangga dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan di Indonesia yang memiliki peranan yang sangat besar dalam mendukung proses transformasi BPJS Ketenagakerjaan hingga akhirnya berhasil meraih penghargaan.

Menurut Dirut BPJS Ketenagakerjaan, proses transformasi ini telah mengubah paradigma jaminan sosial menjadi perlindungan sosial untuk seluruh pekerja Indonesia serta menjadi jembatan menuju kesejahteraan pekerja di Indonesia.

Adapun berbagai program layanan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Kecelakaan Kerja Return to Work (JKK-RTW) dan Jaminan Pensiun (JP).

Total terdapat 19 institusi/organisasi jaminan sosial yang berasal dari Brunei Darusalam, Kamboja, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Myanmar yang berpartisipasi pada 1st ASSA Recognition Award tersebut. Dan BPJS Ketenagakerjaan didaulat sebagai yang terbaik dalam aspek transformasi jaminan sosial. (gun)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]