Tolak PHK Sepihak, Ratusan Buruh Kimia Kepung Perusahaan

Cilegon – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (FSP KEP) melakukan aksi massa di depan PT Bumimulya Indah Lestari. Mereka menolak keputusan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.

Seperti dilansir dari Banten Pos, aksi sempat berlangsung panas namun segera mereda karena pihak manajemen perusahaan melakukan mediasi dengan perwakilan buruh. Menurut perwakilan buruh, mereka mendapatkan surat PHK sejak akhir Agustus, namun tak pernah disebutkan alasan mereka di PHK.

“Kalau begini mah bukan cara pemecatan yang baik, saya tidak terima atas perlakukan dari perusahaan yang memperlakukan kita dengan teman lainnya secara semena mena, dan di pecat tanpa alasan yang jelas,” ungkap perwakilan buruh, Maftuha, Kamis(17/9).

Menurutnya, tujuan aksi ini adalah untuk meminta kejelasan alasan pemberhentiannya. Sebab para buruh mengaku tidak pernah melakukan kesalahan apapun yang membuatnya layak diberhentikan dari pekerjaannya.

Ketua FSP Cilegon, Rudi Sahrudi menjelaskan, ini adalah kali ketiga dilakukan mediasi dengan perusahaan, namun belum perkembangan dan kejelasan untuk 15 karyawan tetap yang di PHK pada 25 Agustus lalu itu.

“Pertemuan ini sudah tiga kali dan perusahaan belum memberikan keterangan yang jelas. Masih dengan alasan perusahaan melakukan PHK 15 karyawan karena efisiensi. Kalau karena efesiensi seharusnya ada kompensesi yang diterima 15 karyawan ini, dan PHK pun berjalan dengan prosedur,” ungkapnya.

Perusahaan, lanjutnya, melakukan PHK secara sewenang-wenang tanpa mengikuti prosedur dengan memberikan kompensasi kepada 15 karyawan tetap tersebut. “Sesuai dengan peraturan dong, jangan seenaknya saja,” terangnya.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]