KASBI Cimahi Ajak Buruh Perjuangkan Haknya

Untuk mengajak para buruh di Cimahi memperjuangkan Upah Minimum Kota (UMK) 2016, Kongres Aliansi Buruh Indonesia (KASBI) Kota Cimahi membagi-bagikan selebaran tuntutan UMK kepada buruh di depan PT Kahatex, Cimahi, Rabu (16/9/2015). Menurut Sekretaris Jendral Kasbi Kota Cimahi, hal ini dilakukan agar para buruh mau turun ke jalan memperjuangkan upah layak dan kesejahteraan buruh.

Pembagian selebaran dilakukan mulai pukul 12.00 WIB, saat jam istirahat pabrik berlangsung. Mereka membagikan selebaran itu tidak hanya kepada buruh, tapi juga pihak manajemen perusahaan dan masyarakat yang lewat.

Dalam selebarannya, Kasbi menjelaskan tugas kaum buruh yang semakin berat dengan masuknya Indonesia dalam pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean yang memungkinkan tenaa kerja asing masuk Indonesia. Hal ini adalah ancaman bagi buruh Indonesia yang dianggap belum produktif.

Kasbi sendiri, dalam selebarannya, menuntut dihapuskannya sistem kerja kontrak dan outsourcing dan menolak upah murah kepada buruh. Selain itu, mereka juga meminta pemerintah mencegah gelombang PHK dan menghentikan pemberangusan serikat serta kriminalisasi anggota serikat buruh.

“Kenaikan upah yang setahun tahun sekali aja enggak cukup. Kaum buruh banyak hutang sana sini karena kesulitan mengatur keuangannya. Apalagi lima tahun sekali,” ungkap Sekretaris Kasbi Kota Cimahi, Dadan.

Karena itulah, Kasbi mengajak para buruh untuk mempersiapkan diri dalam perlawanan yang akan dilakukan pada aksi nasional Konfederasi Kasbi 3 Oktober nanti.

“Rencananya, pada tanggal 3 Oktober nanti akan berunjuk rasa ke istana negara untuk memperjuangkan hak-hak kaum buruh,” katanya. (tia)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]