Gelombang Korban PHK Cairkan Dana JHT

Jakarta — Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai dampak dari perlambatan ekonomi dan menurunnya nilai tukar rupiah membuat kantor-kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjadin sibuk. Hal ini disebabkan para buruh yang mengalami gelombang PHK berbondong-bondong mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) mereka.

Seperti yang terjadi di Kantor Cabang Pembantu BPJS Ketenagarjaan Kutai Kartanegara, antrean peserta BPJS mulai terjadi sejak 1 September lalu. Dan hingga Jumat, 11 September 2015, pihak KCP BPJS Ketenagarjaan Kukar telah mencatat pembayaran JHT mencapai Rp 1,63 triliun.

“Pada hari pertama (1 September), antrean peserta yang mengurus JHT membludak. Kami hanya mampu melayani 40 peserta tiap hari mengingat petugas kami sangat terbatas, yakni 3 orang,” ujar Agus Hariyanto, Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Kukar, Selasa (15/9/2015).

Agus menjelaskan, klaim pembayaran JHT bisa dilakukan, asal syarat-syarat seperti membawa kartu peserta Jamsostek, fotokopi KTP sebanyak 2 lembar dan aslinya, foto kopi KK satu lembar dan aslinya, fotokopi keterangan berhenti kerja dan aslinya dibawa.

Ia menambahkan, besaran klaim pembayaran JHT bervariasi mulai Rp 1,2 juta hingga ratusan juta rupiah. “Kalau nilainya melebihi Rp 40 juta, maka peserta bisa mengambil di Kantor BPJS induk di Samarinda,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY Ahmad Hafiz mengungkapkan, setiap harinya ratusan pekerja memadati 12 kantor cabang dan 23 kantor perintis BPJS Ketenagerjaan.

“Pekerja yang terkena PHK bisa langsung mencarikan JHT mereka setelah masa tunggu 30 hari,” ujarnya, Selasa (15/9/2015).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah yang mengajukan pencarian JHT mencapai 75.197 orang. Sampai saat ini, JHT yang sudah dicairkan mencapai Rp582 miliar. “Rata-rata sekitar Rp2 juta, dan dana tersebut bisa digunakan untuk modal usaha,” ucapnya.

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]