Ribuan Buruh Korban PHK Pabrik Sampoerna Sambangi BPJS

Ribuan buruh dari pabrik rokok Sampoerna yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal, mendatangi mendatangi Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Lumajang, untuk mengurus uang jaminan hari tua (JHT). Mereka harus mengurus pencairan dana JHT karena sudah tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan lagi.

Para buruh Pabrik Sampoerna ini dipecat lantaran ditutupnya dua pabrik Sikaret Kretek Tangan milik Samperna di yang beroperasi di Lumajang dan Jember. Menurut direksi Direksi PT HM Sampoerna Tbk, keputusan penutupan dua pabrik merupakan dampak penurunan pangsa pasar segmen SKT, sehingga volume penjualan ikut tergerus. Akhirnya 2700 buruh yang bekerja di pabrikan rokok yang kini dimiliki oleh pengusaha asing, Philip Morris harus dipecat.

Menurut Susiana, salah satu buruh yang mengurus JHT, Ia dipecat oleh Sampoerna sejak Mei 2014. Hingga kini, Ia belum mengetahui berapa nilai dan kapan dana JHT tersebut bisa dicairkan. Sejak PHK, Susiana mengaku tidak mempunyai penghasilan sendiri. “Hanya suami saja yang bekerja. Suami saya petani,” ujarnya seperti dilansir dari Tempo.co (7/9/2015).

Sementara itu, Ribuan buruh yang terkena gelombang PHK di Kabupaten Malang juga beramai-ramai mengajukan klaim JHT mereka. Alasan pencairan dana JHT ini sama, karena mereka sudah tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan.

Dari 13 ribu buruh yang dipecat dalam delapan bulan terakhir, sebagian besar bekerja di sektor pengolahan tembakau pabrik rokok. Di Malang sendiri, pabrik rokok besar yang beroperasi di sana adalah Pabrik Rokok Bentoel yang kini telah dimiliki oleh perusahaan multinasional British American Tobacco.

Menurut Kepala Bidang Hubunga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Achmad Rukmianto, dalam waktu dua bulan terakhir 2 ribu buruh dipecat oleh perusahaanya. Sebagian besar dari mereka merupakan buruh pabrik rokok. (tia)

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]