Buruh Sukoharjo Prediksi KHL Versi Pengusaha Lebih Rendah Dari Versi Buruh

Jawa Tengah — Saat ini di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, masih dalam proses survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang akan menjadi salah satu acuan dalam penentuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sukoharjo tahun 2016, selain perhitungan dari angka inflasi.

Ketua Serikat Pekerja Republik Indonesia (SPRI) Sukoharjo, Sukarno, diperkirakan angka KHL Sukoharjo pada Desember 2015 sebesar 1.396.00,- juta rupiah. Dan besar kemungkinan bahwa angka tersebut akan berbeda dengan angka yang muncul dari kalangan pengusaha. “Biasanya angka KHL versi pengusaha lebih rendah daripada versi buruh,” ujarnya.

Menurutnya, hasil survei KHL harus benar-benar sesuai kondisi buruh di lapangan. Saat ini, daya beli masyarakat turun lantaran harga kebutuhan pokok melonjak tajam. Sehingga besaran UMK 2015 senilai senilai 1.223.000,- juta rupiah tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup buruh sehari-hari, terlebih bagi buruh yang telah berkeluarga.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sukoharjo, hasil survey KHL September 2015 senilai 1.338.419,- juta rupiah. Survei KHL dilakukan di dua pasar tradisional yakni Pasar Ir. Soekarno dan Pasar Kartasura.

Sedianya minggu depan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sukoharjo akan menggelar pertemuan dengan perwakilan buruh dan pengusaha dalam kerangka pembahasan penentuan besaran UMK Sukoharjo tahun 2016. “Bisa jadi pertemuan tripartit dilaksanakan pekan depan. Kami masih mengatur jadwalnya,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sukoharjo, Rusdiyono.

Selama beberapa tahun terakhir, pertemuan antara buruh dengan pengusaha dalam penentuan besaran upah selalu mengalami kebuntuan. Namun ia optimistis, bahwa kalangan buruh dan pengusaha dapat menyepakati usulan besaran nominal UMK 2016. (gumilang)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]