KSPI Desak Revisi Iuran dan Manfaat Jaminan Pensiun

Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendesak kepada pemerintah, khususnya kepada instansi terkait, akan dilakukannya revisi iuran dan manfaat jaminan pensiun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Rusdi, Sekretaris Jendral KSPI dalam acara seminar nasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), di Jakarta kemarin (9/9/2015).

Disampaikannya dalam seminar tersebut, bahwa secara prinsip, program jaminan sosial merupakan tanggung jawab negara kepada masyarakat. Untuk itu pemerintah harus memberikan proteksi dan perlindungan bagi buruh dan rakyat pada umumnya, sejak lahir hingga masa tua, dengan standar kehidupan yang layak.

Menurutnya, jaminan pensiun yang ada sekarang tidak layak, karena besarnya iuran hanya 3% dari upah dan manfaatnya hanya 15% sampai 40% saja. Atau hanya setara dengan minimal 300 ribu per bulan. “Besaran iuran yang hanya 3% tersebut jauh di bawah angka dari berbagai negara di Asia. Misalnya di Malaysia ankanya mencapai 23%, China 28% atau Singapura yang mencapai 33%,” ujarnya mencoba memperbandingkan.

Lebih jauh lagi ia menyampaikan bahwa dana tersebut dapat juga digunakan sebagai mesin pembangunan oleh pemerintah, melalui akumulasi dana yang terkumpul dalam program tersebut. Sehingga dengan adanya dana yang besar itu, dapat digunakan untuk membangun Indonesia secara mandiri dan tidak bergantung kepada dana dari bantuan lembaga-lembaga asing.

Pada seminar yang bertajuk “Gerakan Nasional Revolusi Mental. Menuju Era Baru Jaminan Sosial Ketenagakerjaan”, Muhammad Rusdi juga menyatakan bahwa KSPI akan menyiapkan aksi lanjutan untuk meminta kepada pemerintah untuk melakukan revisi, serta juga akan mengajukan Judicial Review terhadap kebijakan jaminan pensiun yang dianggapnya masih setengah hati. (gumilang)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]