5000 Buruh Subang Tuntut Peraturan Daerah Pro Buruh

Subang – Sedianya besok pada tanggal 10 September 2015, Aliansi Buruh Subang (ABS) akan melakukan aksi besar di Kabupaten Subang, yang akan dimulai dari titik Islamic Center Jl. Arief Rahman Hakim, dan aksi akan dilanjutkan ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), yang berlokasi di Jl. Mayjend Soetoyo, serta berakhir di Kantor DPRD Subang dan kantor Bupati Subang.

Sedianya ABS akan mengerahkan kekuatan buruh sebanyak 5000 orang yang akan menuntut berbagai persoalan perburuhan yang ada di Subang. Diantaranya adalah menuntut Upah Minimum Kabupaten (UMK) Subang pada tahun 2016 sebesar 3,5 juta per bulan. Juga menuntut untuk penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourching.

Tuntutan lain yang akan disuarakan oleh buruh adalah percepatan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) yang pro buruh, keterwakilan Aliansi Buruh Subang di dalam forum Dewan Pengupahan Kabupaten Subang, serta menghentikan praktek pemberangusan serikat yang masih marak di Kabupaten Subang.

Menurut Dani Afgani, salah seorang juru bicara ABS, salah satu tuntutan yang dianggap cukup penting bagi buruh Subang adalah segera dibuatnya Perda Kabupaten Subang tentang perburuhan yang memihak kepada kaum buruh. Pihaknya juga meminta maaf kepada masyarakat Subang, jika esok hari lalu lintas Subang terganggu karena turunnya ribuan buruh Subang.

Perda tentang perburuhan dianggap oleh buruh menjadi hal yang penting, karena saat ini Pemerintah Kabupaten Subang telah membuka daerahnya untuk dijadikan sebagai salah satu daerah industri, dengan ditandai semakin banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di Subang. Selain itu Perda tersebut juga diharapkan dapat memberikan jaminan akan meningkatnya kesejahteraan buruh dan perlindungan hak-hak buruh.

Aliansi Buruh Subang yang merupakan gabungan dari berbagai serikat buruh seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Mandiri Kecap Bango (SPMKB), Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin (FSP-LEM).

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]