Ketua KSPN Terpilih Sebagai Wakil Serikat Dalam Forum LKS Tripartit Nasional

Jakarta – Usai rapat antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan berbagai serikat buruh dalam verifikasi serikat buruh untuk masuk sebagai perwakilan dari unsur serikat buruh di dalam forum Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS) Nasional beberapa waktu lalu. Dewan Pimpinan Nasional Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (DPN KSPN) mengadakan rapat koordinasi nasional (Rakornas).

Rakornas yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 3 September 2015 lalu tersebut, mengagendakan pemilihan wakil dari KSPN yang akan menjadi utusan serikat untuk masuk dalam forum LKS Tripartit Nasional. Sebelumnya diberitakan bahwa KSPN mendapatkan jatah satu wakilnya untuk duduk di dalam forum tersebut.

Dalam Rakornas tersebut, terpilih Ketua Umum Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (Ketum FKSPN) yang juga selaku Vice President KSPN, Ristadi, sebagai wakil dari KSPN untuk nantinya dapat duduk dalam forum LKS Tripartit Nasional.

Selanjutkan dalam waktu dekat hasil Rakornas tersebut akan diajukan kepada Presiden melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk ditetapkan dan dilantik sebagai anggota LKS Tripnas secara definitif.

Sebelumnya, Kemenaker telah melakukan verifikasi terhadap serikat pekerja/serikat buruh yang terdaftar ditingkat nasional, untuk menentukan 15 orang wakil dari serikat buruh, sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2005, SP/SB. Adapun komposisi serikat buruh yang berhak mewakili anggotanya dalam LKS Tripnas adalah:

1. KSPSI 6 orang
2. KSPI 4 orang
3. KSBSI 2 orang
4. KSPN 1 orang
5. Sarbumusi 1 orang
6. Federasi Kahutindo 1 orang

Forum LKS Tripartit Nasional adalah forum yang diisi oleh perwakilan dari serikat buruh, perwakilan pengusaha dan dipimpin oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan. Forum tersebut adalah forum strategis yang akan membahas, memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah terkait berbagai kebijakan yang berhubungan dengan perburuhan. Masa jabatan dari forum tersebut adalah tiga tahun, dan akan diverifikasi dan dipilih lagi untuk masa jabatan berikutnya. (aditya)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]