Smartphone Oppo Bangun Pabrik Di Tangerang, Siap Tampung 2000 Tenaga Kerja

Banten – Krisis ekonomi yang secara global melanda dunia, tak terkecuali Indonesia, memiliki berbagai dampak negatif dalam bidang industri dan perburuhan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan akan mengurangi produksinya seiring dengan pelemahan ekonomi yang terjadi. Namun ternyata hal ini tidak terjadi dengan pabrikan smartphone asal Tiongkok ini.

Oppo, pabrikan smartphone ini secara resmi telah mengumumkan rencananya untuk membangun pabriknya di Indonesia. Sedianya pabrik tersebut akan dibangun di wilayah Tangerang, Banten, diatas luas lahan 27.000 meter persegi. Dan nilai investasi dari pembangunan pabrik tersebut mencapai 30 juta dollar, dengan target kapasitas produksi mencapai 500 ribu unit ditiap bulannya.

Pembangunan pabrik tersebut hanya akan memakan waktu selama 4 bulan, karena sebelumnya sudah ada bangunan pabrik Oppo terdahulu. Dan jika tak ada aral melintang, sedianya akan mulai beroperasi secara penuh per April 2015. Demikian disampaikan oleh CEO PT Indonesia Oppo Electronics, Jet Lee.

Jet Lee juga menjelaskan bahwasanya pabrik ini merupakan yang pertama di luar negara asalnya di Tiongkok. “Kami sangat bangga atas terlaksananya prosesi pembangunan yang merupakan wujud komitmen dan keseriusan kami dalam berinvestasi di Indonesia,” ujar Jet lee melalui siaran persnya.

Pembangunan pabrik smartphone tersebut sesuai dengan keinginan dari pemerintah Indonesia yang mendorong para produsen smartphone untuk tidak sekedar menjual produknya di Indonesia, namun juga membangun pabriknya di Indonesia. Sebelumnya Menteri Perindustrian, Saleh Husein juga sempat meminta produsen smartphone BlackBerry untuk melakukan pembangunan pabrik di Indonesia.

Saat ini pabrik Oppo Smartphone baru memiliki 100 orang pekerja untuk memproduksi 3 tipe smartphone, yaitu Oppo Joy Plus, Oppo Neo5 dan Oppo Joy 3. Tetapi setelah pembangunan pabrik nanti, pihak Oppo juga akan menjadikan pabrik ini sebagai basis produksi ponsel pintar Oppo high-end seperti Mirror5, yang akan mampu menampung 2000 tenaga kerja baru. (zeki)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]