Inilah Komposisi Anggota Forum LKS Tripartit Nasional Dari Unsur Serikat Buruh Tahun 2015

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan sedang melakukan proses verifikasi keanggotaan dari seluruh serikat buruh yang ada di Indonesia. Tujuan dari melakukan verifikasi ulang tersebut adalah untuk dapat memilih serikat-serikat buruh yang dapat mewakili buruh secara umum di Indonesia untuk duduk dalam forum lembaga resmi tersebut.

Tentang Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015 tentang Tata Kerja Dan Susunan Organisasi Lembaga Kerja Sama Tripartit.

LKS Tripartit Nasional adalah forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang terdiri dari unsur pemerintah, organisasi pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh di tingkat nasional.

Masa jabatan anggota LKS Tripartit Nasional adalah selama 3 (tiga) tahun, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2005. Sebelum masa keanggotaan selesai, maka Kementerian Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi ulang serikat buruh untuk dapat menentukan serikat mana saja yang telah memenuhi syarat dan dapat mengirimkan wakilnya untuk dapat duduk sebagai anggota LKS ripartit Nasional.

Adapun jumlah anggota LKS Tripartit nasional dari unsur serikat buruh adalah sebanyak 15 orang, yang terdiri dari berbagai serikat yang secara resmi dan demokratis dapat mewakili buruh di dalam forum LKS Tripartit Nasional.

Verifikasi ulang anggota serikat buruh yang dilakukan oleh pemerintah saat ini tujuannya adalah untuk dapat memilih serikat mana saja yang berhak duduk didalam forum tersebut. Adapun rumusan yang digunakan oleh pemerintah untuk menentukan serikat mana saja yang dapat menjadi wakil dalam LKS Tripartit Nasional adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai anggota di atas 50.000 orang/buruh
2. Minimal tersebar di 20% provinsi di seluruh Indonesia
3. Minimal tersebar di 20% kabupaten/kota di seluruh Indonesia
4. Mempunyai 150 serikat buruh tingkat pabrik

Anggota LKS Tripartit Nasional diangkat oleh Presiden, dan mempunyai tugas untuk memberikan pertimbangan, saran dan pendapat kepada Presiden dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan secara nasional. Artinya, segala kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan perburuhan yang dibuat oleh pemerintah, telah mendapatkan masukan dan pertimbangan dari LKS Tripartit Nasional.

Pada hari ini, Kementerian Ketenagakerjaan bersama dengan berbagai serikat buruh di Indonesia telah melakukan rapat untuk menentukan serikat buruh mana saja yang berhak mendapatkan wakilnya dalam forum LKS Tripartit Nasional.

Adapun komposisi anggota LKS Triparti Nasional dari unsur buruh yang telah terpilih dalam rapat musyawarah antara Kementerian Kenetagakerjaan dengan serikat buruh, menghasilkan keputusan keterwakilan serikat buruh yang duduk dalam LKS Tripartit Nasional sebagai berikut:

KSPSI 6 orang
KSPI 4 orang
KSBSI 2 orang
KSPN 1 orang
Sarbumusi 1 orang
Federasi Kahutindo 1 orang

(AG)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]