BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama Dengan Asosiasi Jaminan Sosial ASEAN

 

Jakarta, 24 Agustus 2015

Mengantisipasi kenaikan jumlah pekerja asing karena dampak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai diberlakukan pada akhir tahun 2015. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan membuat langkah dengan menyusun nota kesepahaman (MoU) dengan negara-negara anggota Asean yang berisi sistem, manajemen, kepesertaan, dan iuran jaminan sosial.

Elvyn G. Masassya, selaku Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan Asosiasi Jaminan Sosial ASEAN (ASSA) untuk membicarakan manfaat antar penyelenggara jaminan sosial di kawasan. Kerjasama ini untuk memberikan jaminan sosial bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa TKA juga wajib untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. BPJS akan menerapkan standardisasi yang sama dengan penyelenggara jaminan sosial negara lain tentang jaminan sosial ketenagakerjaan. Misalnya, pelayanan ketika peserta ingin menarik simpanan Jaminan Hari Tua (JHT) di negara tempatnya bekerja.

Menurutnya, yang jelas, pekerja dari negara Asia Tenggara yang minimal enam bulan bekerja dan menetap di Indonesia di wajib jadi peserta BPJS. TKA juga akan menerima hak yang sama dengan tenaga kerja lokal yang tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan. Mereka akan mendapat perlindungan dari BPJS selama bekerja di Indonesia.

Adapun besaran iuran Program Jaminan Hari Tua (JHT) yang ditarik BPJS Ketenagakerjaan adalah sebesar 5,7% dari upah bulanan pekerja. Dengan komposisinya, sebanyak 2% ditanggung pekerja dan 3,7% dari perusahaan.

Tak sekadar memungut iuran pekerja asing, BPJS juga akan memastikan bahwa tenaga kerja Indonesia di negara lain juga mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan. (RG)

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]