Kemenaker Klaim Jaminan Sosial Di Indonesia Terbesar Di Dunia

Jakarta, 22 Agustus 2015

Kementerian Ketenagakerjaan mengklaim bahwa Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diterapkan di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Demikian disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri, seperti yang tertulis dalam laman situs Kemenaker.

Klaim tersebut didasarkan pada jumlah kepersertaan yang mencapai lebih dari  120 juta tenaga kerja, jenis program perlindungan yang sangat komprehensif, sampai dengan potensi kelolaan dana yang besar.

Namun demikian, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan harus terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi karena tantangan ketenagakerjaan ke depan akan semakin serius.

Saat ini, pemerintah tengah mengupayakan untuk mendesain program jaminan sosial agar cakupannya sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Hal ini merupakan upaya Negara dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Penyelenggaraan jaminan sosial harus didukung secara lintas sektor baik dalam pengembangan dana, perluasan kepesertaan dan sebagainya. Karena banyak yang bisa diperoleh dari jaminan sosial, walaupun juga masih banyak yang perlu diperbaiki.

BPJS Ketenagakerjaan bisa mengambil konsep pemikiran dan pengalaman dari penyelenggaraan jaminan sosial dari negara lain.

Tantangan serius yang dihadapi oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah jumlah pengangguran yang meningkat, jumlah pekerja yang akan semakin menua, memperluas cakupan kepesertaan bagi pekerja terutama pekerja informal yang mencapai 63 persen dari seluruh angkatan kerja dan lain-lain.

Menurut Kemenaker, penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia masih terus berproses dan tumbuh secara positif. Dan pemerintah telah berupaya mendesain jaminan sosial yang bisa mencakup seluruh rakyat yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Untuk saat ini, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yang mencakup kepesertaan pekerja formal dan informal, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. (MJ)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]