Tuntut Revisi JHT, Buruh Di Bandung Jebol Pagar Kantor BPJS

Bandung, 11 Agustus 2015

Aksi unjuk rasa buruh terkait tuntutan agar pemerintah segera menyelesaikan revisi Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2015, tentang Jaminan Hari Tua (JHT), terus berlansung di berbagai daerah. Salah satunya adalah aksi ratusan buruh yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Aksi buruh di Bandung siang ini, berlangsung cukup menegangkan. Ratusan buruh tersebut bahkan sampai menjebol pintu gerbang Kantor BPJS, Bandung, yang terletak di Jalan PHH Mustafa. Para buruh merasa kesal karena tidak ada tanggapan dari BPJS Kantor wilayah Jawa Barat.

Seperti dikutip oleh Metrotvnews, para buruh tersebut meminta agar dilakukannya audiensi dengan pihak Direksi BPJS Ketengakerjaan kantor wilayah Jawa Barat, terkait dengan revisi PP JHT. Buruh menolak proses pencairan dana JHT yang tidak sesuai dengan keinginan buruh.

Selain itu, buruh juga menolak iuran pensiun yang besaranya adalah 3% dari upah mereka. Sampai saat ini unjuk rasa tersebut masih berlangsung, dan aparat kepolisian terus berjaga di depan gedung BJPS Wilayah Jawa Barat.

Revisi yang sebelumnya diperintahkan oleh Presiden Jokowi tersebut, sampai saat ini masih dalam proses harmonisasi oleh Kementerian terkait. Hal ini sudah disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri beberapa waktu lalu. Namun ia juga belum dapat memastikan kapan revisi tersebut akan selesai. (AG)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]