Serikat Buruh Kereta Api Bawah Tanah London Mogok Kerja

6 Agustus 2015

Masyarakat kota London, Inggris, harus berusaha mencari alternatif transportasi untuk keperluan mereka sehari-hari. Karena kemarin petang pukul 18.00 waktu setempat atau 00.30 WIB, serikat buruh kereta api bawah tanah melakukan mogok kerja selama satu hari.

Mogok kerja ini disebabkan karena perundingan antara perusahaan dan serikat buruh, tidak kunjung menampakkan hasil. Serikat merasa tidak puas dengan kondisi para masinis yang bekerja pada malam hari.

Pada kesempatan itu, Walikota London Boris Johnson terlihat berpihak pada perusahaan dengan menyatakan bahwa tawaran dari pihak pengelola amat murah hati dan ia tidak akan menyetujui kenaikan apapun terhadap tawaran itu.

Tak hanya Walikota London, juru bicara PM David Cameron juga ikut angkat bicara. Dia menyebut bahwa pemogokan para masinis kereta api bawah tanah ini tak bisa diterima dan tak beralasan.

Sementara itu, pihak serikat menyatakanakan menggelar aksi selama satu hari penuh dan akan meningkatkan aksinya jika proses perundingan tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Salah satu yang digugat oleh serikat buruh atas rencana layanan kereta api selama 24 jam adalah perihal upah dan juga kondisi dari para pekerja yang bekerja pada malam hari.

Untuk mengatasi aksi mogok kerja tersebut, pihak pengelola transportasi kota London menyiapkan berbagai sarama transportasi lain, untuk dapat mengangkut para pekerja dan masyarakat kota London dalam menjalankan aktifitasnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi menumpuknya para penumpang, mengingat mogok kerja dilakukan pada waktu jam pulang kerja. Salah satu alternatif yang diberikan adalah dengan menambah armada bus kota.

Aksi serupa, seperti ini terjadi untuk yang kedua kalinya. Perselisihan serupa terjadi pada tanggal 8-9 Juli 2015 lalu, dimana Plpengelola transportasi London sedang berusaha menyediakan layanan kereta bawah tanah 24 jam yang rencananya akan diterapkan taggal 12 September tahun 2015 ini. (AG)

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]