Ratusan Pekerja PT Chevron, Bengkalis, Riau, Mogok Kerja

Jakarta, 4 Agustus 2015

Ratusan buruh yang dipekerjakan oleh PT SAS International, yang tergabung dalam Serikat Buruh Riau Independen (SBRI) sejak 31 Juli 2015 lalu melakukan aksi mogok kerja. Para buruh yang dipekerjakan untuk operasional PT Chevron di Riau tersebut menuntut hak-hak normatif mereka.

Adapun tuntutan yang diajukan oleh para pekerja tersebut diantaranya, meminta pembayaran upah rapel, pembayaran THR secara penuh sesuai aturan dan meminta pergantian struktur manajemen untuk PT SAS Internasional di Kota Duri.

Upaya mediasi yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bengkalis, Riau, belum mampu membuahkan kesepakatan antara kedua belah pihak yang berselisih. Hal ini dikarenakan pihak perwakilan PT SAS International yang diwakili oleh kuasa hukumnya, Hendri Dunant tidak dapat mengambil keputusan.

Ketegangan sempat terjadi pada saat mediasi tersebut, karena saat diperiksa oleh Disnakertrans, pihak kuasa hukum dari PT SAS International hanya diberikan kuasa untuk menghadiri dan mewakili mediasi, tidak memiliki kuasa untuk melakukan pengambilan keputusan.

Sebelumnya pihak kuasa hukum telah terlebih dahulu mempertanyakan legalitas SBRI dalam pertemuan tersebut. “Kami jelaskan pada kuasa hukum PT SAS International secara rinci tentang UU Nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Buruh/Serikat Pekerja, yang menjadi landasan legalitas kami dalam pertemuan tersebut,” ujar Bobson Samsir Simbolon, salah satu perwakilan dari pihak serikat buruh.

Mediasi yang dilakukan di kantor Disnakertrans Kabupaten Bengkalis, Jalan Pipa Air Bersih Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, kemarin pagi tersebut akhirnya menemui jalan buntu. Pihak serikat buruh meminta kepada Disnakertrans untuk menunda perundingan, karena perwakilan dari perusahaan tidak dapat mengambil keputusan.

lapangan minyak di wilayah Sumatera merupakan penyumbang separuh dari produksi minyak mentah nasional dengan lapangan produksi terbesar di Kabupaten Bengkalis. (AG)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]