Said Iqbal Minta Jokowi Turun Langsung Atasi Kecelakaan Kerja

Jalarta, 30 Juli 2015

“KSPI meminta kepada Presiden Jokowi untuk turun tangan memastikan keselamatan para pekerja atau buruh,” demikian disampaikan oleh Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), di Jakarta hari ini.

KSPI menilai bahwa perusahaan dan pemerintah penting untuk memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), sebagai bagian dari perlindungan negara kepada buruh. Selain itu, Said juga menilai bahwa hal tersebut juga akan bagus bagi iklim investasi.

Duka cita yang mendalam disampaikan oleh Said Iqbal kepada buruh-buruh yang menjadi korban kecelakaan kerja. Demikian juga dia meminta kepada Jokowi unttuk menyampaikan bela sungkawa, duka cita kepada buruh yang meninggal dan keluarganya sekaligus memastikan bahwa perusahaan melakukan pemeriksaan ulang dan lebih jauh lagi melakukan evaluasi serta mendesain ulang K3 perusahaan sesuai tingkat risiko.

Selain itu, Said mengungkapkan penyesalan karena Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri tidak melakukan tindakan apapun atas berbagai kasus kebakaran pabrik yang selama ini kerap terjadi. “Kita minta pemerintah mencopot Menteri Ketenagakerjaan yang tidak melakukan tindakan apapun sampai hari ini,” tegasnya.

Kajian K3 yang mendalam diperlukan supaya tidak lagi terjadi kecelakaan kerja yang menjadikan buruh sebagai korban. Dan untuk pengusaha diperlukan  pemeriksaan hubungan kerja, karena pihaknya menemukan data bahwa diduga 80 persen pekerja di PT Mandom berstatus magang.

Baginya ini adalah sesuatu yang sangat beresiko, karena para pekerja yang tidak siap bekerja di tempat kerja yang mempunyai kerentanan tinggi harus bekerja di tempat tersebut.

PT Mandom adalah salah satu contoh kasus kebakaran pabrik akibat ledakan mesin. Korban dari kecelakaan kerja tersebut cukup banyak, 17 meninggal dan puluhan luka-luka. Sementara kasus yang paling baru terjadi di PT Gunung Garuda, perusahaan peleburan besi dan baja yang telah menewaskan satu orang dan 4 orang luka-luka. (AG)

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]

  • LanaShop Tik

    baru presiden buruh sudah sok,
    gimana kalau presiden pengusaha?, …