1.100 Buruh Batubara Di Kaltim Mogok Kerja

Samarinda, 23 Juli 2015

 

Terhitung sejak Rabu malam kemarin, sebanyak 1.100 pekerja di tambang Batubara PT Mega Alam Sejahtera (MAS) melakukan aksi mogok kerja total. Mogok kerja tersebut dilakukan sebagai buntut dari kebijakan perusahaan yang dianggap sepihak oleh serikat buruh.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan pihak perusahaan dan ditandatangani HRD PT MAS, Joko Soegiharto tertanggal 14 Juli 2015 lalu. Perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk merumahkan dan meregulerkan jam kerja (jam kerja normal tanpa lembur, yakni 7 jam kerja).

Ketua Pengurus Komisariat (PK) Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) PT MAS, Muhammad Jefri SK mengatakan bahwa mgok kerja dilakukan sebagai respon atas keputusan sepihak dari perusahaan. “Mogok kerja dilakukan oleh seluruh karyawan di tiga shif kerja, yakni 400 orang di shift pagi, 300 orang shift sore dan 400 orang shif malam,” ujarnya.

General Manager PT MAS, Edy membenarkan terjadinya aksi mogok kerja tersebut. Dia mengatakan, langkah kebijakan perusahaan yang merumahkan dan meregulerkan jam kerja itu terpaksa dilakukan oleh perusahaan. “Industri Batubara sedang mengalami kelesuan, sehingga perusahaan belum mampu menjual hasil Batubara. Itulah kenapa kami mengeluarkan kebijakan tersebut,” ucapnya.

Secara terpisah, Ketua DPC SBSI Berau, Suyadi mengatakan, langkah perusahaan merumahkan dan meregulerkan jam kerja itu merupakan kepentingan pihak pengusaha, sementara buruh juga punya kepentingan mempertahankan pendapatan. Sebab dengan meregulerkan jam kerja dan merumahkan karyawan, maka secara otomatis pendapatan akan jauh berkurang. Demikian dia sampaikan seperti yang terkutip dalam Koran Kaltim. (ZG)

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]