ASPEK Dorong Upah DKI 5 Sampai 7 Juta Perbulan

Jakarta, 30 Juni 2015

 

Tingginya kebutuhan hidup di Ibukota, memunculkan sebuah wacana untuk memberikan upah yang mencukupi untuk menanggung kebutuhan hidup. Wacana tersebut digulirkan oleh Mirah Sumirat, yang merupakan Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia, dalam acara lokakarya pengupahan ASPEK Indonesia.

“Kebutuhan hidup di Ibukota Jakarta semakin hari semakin tinggi. Sehingga sangat aneh, jika upah minimumnya masih dibawah 3 juta. Seharusnya UMP Jakarta itu antara 5 sampai 7 juta,” ujarnya.

Dia mencoba memperbandingkan antara upah minimum dengan upah yang diterima oleh sopir busway yang mencapai 7 juta perbulan. Jadi, jika buruh diupah dibawah 3 juta, maka tidak akan bisa mencukupi kebutuhan hidup yang terus meningkat.

Penentuan upah di Jakarta memang selalu berlangsung cukup alot ditiap tahunnya. Dan pada 2015 ini gubernur DKI Jakarta cukup tegas dalam menentukan besaran angka UMP di Jakarta, sebesar 2,7 juta perbulan, walau masih dibawah UMP Kabupaten Karawang atau Bekasi.

“Gubernur DKI Jakarta, Ahok, harus serius menaikkan gaji buruh secara layak,” tambah dari ketua ASPEK tersebut. Yang kemudian juga disepakati oleh dosen FE UI, yang juga anggota dewan pengupahan DKI Jakarta, Aryana Satria.

“Setidaknya upah minimum di Jakarta harus naik sebesar 20%. Karena angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Jakarta lebih tinggi dari Karawang atau Bekasi, tapi sangat aneh kalau upahnya justru lebih rendah,” tuturnya membenarkan perlunya kenaikan upah di DKI Jakatta.

Seperti diketahui, bahwa angka UMP DKI Jakarta yang sebesar 2,7 juta rupiah, masih berada dibawah upah dari Karawang dan Bekasi yang masing-masing sebesar Rp.2.957.450 dan Rp.2.954.031

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]