Lagi, Pemberangusan Serikat Pekerja di Kab. Batubara

Pada tanggal 21 Mei lalu, sebanyak 4 orang pengurus dari SPMS EMHA KEBUN di PHK oleh perusahaan. Keempat pengurus tersebut sedianya hendak memenuhi undangan pertemuan dengan Disnaker Kab. Batu Bara, Sumatera Utara perihal pencatatan serikat pekerja dan penegakan Upah Minimum Kabupaten tahun 2015.

Sebelumnya pada tanggal 1 Mei 2015, yang bertepatan dengan perayaan hari buruh internasional. Sejumlah buruh dari PT. EMHAtelah melakukan aksi dan mempertanyakan kepada Disnaker perihal penerbitan SK Pencatatan Serikat Pekerja tingkat perusahaan dan juga tentang upah buruh yang ternyata masih dibawah UMK 2015.

Bagian Pengawasan Disnaker Kab. Batu Bara kemudian mengeluarkan surat SK pencatatan serikat pekerja pada tanggal 18 Mei 2015. Dan sehari kemudian Disnaker mengundang perwakilan buruh dan perusahaan dalam kaitanya dengan penegakan UMK 2015.

Namun karena dari pihak perusahaan tidak ada yang datang memenuhi undangan Disnaker, maka Disnaker sebagai mediator memundurkan pertemuan sampai tanggal 21 Mei 2015. Pada tanggal tersebut, pukul 09.00 WIB, 4 orang pengurus SP EMHA KEBUN yang hendak menghadiri undangan dari Disnaker dilarang oleh pihak perusahaan.

Perusahaan mengancam akan melakukan PHK kepada buruh yang datang menghadiri undangan dari Disnaker. Namun keempat pengurus tersebut tetap datang menghadiri undangan, karena merasa apa yang mereka lakukan adalah bagian dari hak mereka. Karena tidak mengindahkan apa yang disampaikan oleh perusahaan, keempat pengurus tersebut akhirnya di PHK oleh perusahaan pada siang harinya.

Sampai berita ini diturunkan, kasus masih berlangsung, dan Serikat Pekerja melakukan penggalangan dukungan dan solidaritas untuk menolak PHK yang dilakukan oleh perusahaan secara semena-mena.

 

Apakah anda menyukai artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Redaksi Buruh

Redaksi Buruh

Kabar Buruh adalah media yang mengangkat berbagai berita dan artikel tentang perburuhan. Menerima tulisan berupa opini, berita, dan foto dari semua serikat buruh ataupun individu. Tulisan dapat kirim melalui email: [email protected]